Cara Mraktis Membedakan Kura-kura Jantan & Betina

Cara Mraktis Membedakan Kura-kura Jantan & Betina
Sebenarnya nir terlalu sulit untuk membedakan kura-kura jantan & betina. Hal ini dikarenakan keduanya mempunyai beberapa perbedaan yang nisbi mencolok. Cuma untuk mengetahui jenis kelamin kura-kura yang masih mini terhitung lebih sukar dibandingkan memakai kura-kura yang telah matang secara sistem reproduksi.

Memang sahih, sangat menyenangkan memelihara kura-kura di rumah. Kendati acapkali dicap menjadi hewan yang lamban, tetapi konvoi kura-kura nisbi lincah & menggemaskan. Apalagi kalau pas kebetulan kita menjumpai kura-kura ini tengah bermain.

Setiap penghobi kura-kura tentu ingin mengetahui jenis kelamin reptil peliharaannya memakai sempurna. Lantas, bagaimana sih caranya?

1. Perhatikan Alat Kelaminnya

Alat kelamin kura-kura jantan berupa hemipenis yang terletak di bagian bawah ekor. Knda perlu menekan-nekan plastron (tempurung bawah) terlebih dahulu untuk merangsang si kura-kura mengeluarkan hemipenis-nya. Aika muncul, dapat dipastikan kura-kura tadi berjenis kelamin jantan. Begitu jua sebaliknya bila kura-kura nir mengeluarkan hemipenis, kemungkinan besar itu merupakan kura-kura betina.

2. Raba Permukaan Tempurung Bawahnya

Tempurung bawah kura-kura dinamakan plastron, sedangkan tempurung atasnya disebut karapas. Knda dapat mengetahui jenis kelamin kura-kura memakai meraba bagian plastron-nya. Kura-kura betina mempunyai plastron yang datar & kura-kura jantan memiliki plastron agak konkaf. Bentuk plastron jantan yang seperti ini berkhasiat untuk memudahkannya dalam menaiki karapas betina ketika sedang melakukan perkawinan.

tiga. Lihat Ukuran Kuku Kakinya

Ukuran kuku kaki kura-kura jantan selalu lebih panjang daripada betinanya. Sama halnya maupun memakai kura-kura betina yang memiliki kuku kaki nir terlalu panjang. Selain dipakai untuk menangkap mangsa & mempertahankan diri, fungsi kuku kaki pada kura-kura jantan maupun membantunya memanjati karapas betina ketika akan melakukan proses perkawinan.

4. Cermati Karakteristik Ekornya

Perbedaan kura-kura jantan & betina maupun terletak di bagian ekornya. Kura-kura jantan mempunyai ekor yang nisbi panjang & mengembang di pangkalnya. Sementara itu, ciri ekor kura-kura betina antara lain berukuran pendek & pangkalnya kurus.

Tahukah Knda!

Ada dua jenis kura-kura yang tersebar di dunia ini yaitu turtle & tortois. Turtle artinya kura-kura yang hidup di darat & air misalnya turtle brazilinensis & box turtle. Sedangkan, tortois ialah kura-kura yang hanya hidup di darat seperti galapagos tortois. Kura-kura berjenis tortois nir dapat dipelihara secara bebas lantaran jumlahnya yang sangat sedikit mendekati ambang kepunahan.

Advertisement
Cara Mraktis Membedakan Kura-kura Jantan & Betina